Irwin.Web.ID

Irwin.web.id adalah blog pribadi dari Irwin Andriyanto yang suka dengan dunia digital marketing, dan sekarang menjadi SEO Spesialist.

Stres? Cobalah Cara-Cara Self-Care Berikut Ini!

Irwin.web.id - Terlalu sibuk sampai lupa merawat diri? Jangan sampai Anda stres, terutama di saat kesehatan tubuh dan jiwa sangat penting! Self-care alias merawat diri penting untuk menjaga kesehatan mental dan kondisi tubuh. Berikan “hadiah” pada tubuh dan pikiran lewat modifikasi rutinitas.

Cara-Cara Self-Care

Inilah beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Mandi “Mewah”


Mandi “mewah” di sini bisa berarti macam-macam. Jika Anda punya bak mandi, cobalah bubble bath atau gunakan bath salt dan bath oil dengan aroma kesukaan. Bagi yang tidak punya bak mandi, coba beli produk mandi lengkap seperti shower gel dan lulur dengan merek sedikit mewah atau yang berbeda dari biasanya.

2. Luangkan Waktu untuk Mendengarkan Musik


Buatlah playlist berisi lagu-lagu kesukaan Anda. Tidak perlu memaksakan diri terlihat “keren”, masukkan semua lagu kesukaan yang membuat Anda gembira atau bernostalgia. Putar saat Anda merasa perlu mendapat suntikan semangat.

3. Luangkan Waktu untuk Tidur Siang


Masih ingat rutinitas tidur siang saat masih kecil? Orang dewasa pun membutuhkan tidur siang agar bisa tetap segar hingga akhir hari. Tidur siang juga membantu meningkatkan produktivitas dan menjaga kewaspadaan. Jangan tidur terlalu lama agar tubuh tidak berat. Idealnya, waktu tidur siang adalah antara 30 hingga 75 menit.

4. Beri Afirmasi Positif untuk Diri Sendiri


Bersikap lebih baik kepada diri sendiri ternyata bisa meningkatkan mood. Setiap hari, ingatkan diri tentang hal-hal baik yang Anda miliki seperti senyum manis, mata atau rambut indah, kasih sayang terhadap hewan peliharaan, kemampuan dalam bidang tertentu, dan sebagainya. Ingatlah semua pencapaian hidup termasuk kemampuan melewati masa-masa sulit, lalu pujilah diri sendiri karena berhasil mencapainya.

5. Coba Penampilan Baru


Belum pernah mencoba produk kosmetik, pakaian, atau aksesori tertentu? Sekarang saat tepat untuk melakukannya! Jangan ragu mencoba warna lipstik atau eye shadow berbeda, kemeja cerah, sepatu, atau hiasan rambut baru yang selalu ingin Anda coba. Melihat penampilan baru di cermin bisa meningkatkan mood.

6. Manjakan Diri dengan Minuman Hangat


Menikmati minuman hangat kesukaan bisa membuat perasaan Anda lebih baik. Silakan coba minuman apa saja yang Anda suka, mulai dari cokelat hangat, teh peppermint, teh rasa buah, hingga jahe hangat. Tidak perlu menunggu “waktu spesial” untuk menikmatinya.

7. Mencatat Hal-Hal Baik di Jurnal


Menulis jurnal baik untuk kesehatan mental. Anda bisa menuliskan hal-hal positif yang Anda miliki atau alami karena menulis membuat hal-hal tersebut terasa lebih “nyata”. Catat hal-hal seperti saat bertemu teman atau pasangan, mendapat hadiah, menemukan buku yang sudah lama dicari, hingga pencapaian hidup terbesar.

8. Atur Waktu Tidur


Waktu tidur yang teratur baik untuk menjaga kesehatan mental sekaligus daya tahan tubuh. Atur waktu tidur agar Anda bisa memejamkan mata di malam hari dan tidur minimal enam jam. Ciptakan rutinitas seperti mandi, minum minuman hangat, dan mematikan perangkat elektronik minimal 30 menit sebelum naik ke tempat tidur.

9. Berani Bilang “Tidak”


Akhirnya, jangan ragu mencintai diri sendiri dengan mengurangi beban yang tidak perlu. Katakan “tidak” kepada permintaan keluarga, teman, atau rekan kerja jika Anda merasa sangat terbebani. Anda akan terkejut merasakan betapa ringan hidup setelah Anda menolak mengatakan “ya” untuk semua hal.

Ingin mulai self-care sekarang? Gunakan layanan PayLater Traveloka untuk membeli produk yang Anda butuhkan. Paduan transaksi aman dan transparan serta kemudahan cicilan akan mengurangi stres saat Anda membeli semua barang yang dibutuhkan untuk memanjakan diri.
Show Comments