Irwin.Web.ID

Irwin.web.id adalah blog pribadi dari Irwin Andriyanto yang suka dengan dunia digital marketing, dan sekarang menjadi SEO Spesialist.

Berbagai singkatan yang dipakai di WhatsApp dan artinya

Irwin.web.id - WhatsApp (WA) telah menjadi alat komunikasi yang harus dimiliki untuk Android, iOS dan pengguna smartphone platform lainnya. Biasanya orang terdekat, teman dan keluarga harus menggunakan WhatsApp untuk chatting, telepon dan video call.

Berbagai singkatan yang dipakai di WhatsApp dan artinya

Namun bagi yang baru-baru ini menggunakan WhatsApp, belum pernah melihat istilah-istilah yang asing dan tidak dimengerti. Bіasanya pengguna WA lama selalu menggunakan іstіlah yang dіsіngkat sepertі P, PM, VC dan laіn-laіn dengan alasan mempersіngkat percakapan.

Jadi buat yang bingung tenang aja. Karena kami akan menjelaskan dari istilah tersebut.

1. P / PING !!!


P atau singkatan dari PING !!! biasanya digunakan untuk menginformasikan bahwa pembuka percakapan ingin menjangkau penerima percakapan secepat mungkin. Atau terkadang sering digunakan untuk mengecek apakah lawan chat sedang online atau tidak.

Istilah PING !!! Ini pernah populer di aplikasi chat lama yaitu Blackberry Messenger (BBM). Namun kini penggunaan istilah P sudah menjadi kontroversi, karena dianggap kurang sopan.

Karena sering digunakan untuk memulai percakapan, apalagi lawan bicaranya adalah “grup formal”. Tapi jika teman atau kerabat terdekat oke, PING !!! itu digunakan untuk hal-hal penting.

2. PM


PM adalah singkatan dari Private Message atau jika diubah dalam bahasa Indonesia adalah Private Message. Istilah PM sering digunakan untuk meminta seseorang mengundang percakapan secara pribadi, misalnya saat berkomentar di media sosial publik seperti Facebook misalnya.

A: Pak, motornya bagus, apakah dijual?
B: Oh ya Pak, saya mau jual, kalau mau PM!

Namun PM sering digunakan dalam konteks formal seperti ingin melakukan transaksi jual beli kepada seseorang yang belum dikenal.

3. PC


PC adalah singkatan dari Personal Chat atau jika diubah dalam bahasa Indonesia adalah Private Message. Sama halnya dengan PM, tapi konteksnya sedikit berbeda, lebih cocok sebagai ajakan ngobrol.

4. VC


VC adalah singkatan dari Video Call atau jika diubah dalam bahasa Indonesia disebut Video Phone. Biasanya jika pengirim pesan menulis VC, dia ingin berkomunikasi melalui video call. Tentunya untuk menggunakan fitur ini ponsel Anda harus memiliki kamera di dalamnya.

5. VN


VN adalah singkatan dari Voice Note atau jika diubah dalam bahasa Indonesia adalah Voicemail. Jika Anda malas mengetik pesan, Anda juga bisa mengirimkan suara. Karena WhatsApp punya fitur ini

6. TC


TC adalah singkatan dari Test Contact, atau jika diubah dalam bahasa Indonesia disebut Contact Test. Biasanya istilah ini sering digunakan untuk mengecek apakah lawan chat kita sedang online atau akun WhatsApp mereka masih aktif atau tidak.

7. Available


Available dalam bahasa Indonesia tersedia, jika profil WhatsApp seseorang tertulis Avaliable, berarti orang tersebut ada.

8. PAP


PAP adalah singkatan dari Post a Picture, jika diubah dalam bahasa Indonesia menjadi Posting Pictures. Namun konteks PAP saat ini sering digunakan untuk menyuruh seseorang mengambil foto dirinya, yang bertujuan untuk menunjukkan keadaan orang yang diajak, dimana, kenapa maknanya kurang lebih seperti itu.

9. SW


SW adalah singkatan dari Snap WhatsApp, atau jika di WhatsApp adalah Status. Status merupakan salah satu fitur WhatsApp, fungsinya kurang lebih sama dengan Story di Instagram.

10. OTW


OTW adalah singkatan dari On The Way atau jika diubah dalam bahasa Indonesia, saat ini sedang menuju ke sana.

11. Deliv atau Delive


Deliv adalah singkatan dari Delivered atau jika dalam bahasa Indonesia adalah Message Sent. Pada aplikasi setelah kita mengirim pesan akan muncul informasi pengiriman pesan dengan tanda centang, penjelasan singkatnya sebagai berikut:

  • Cek 1: Menunjukkan pesan telah dikirim tetapi belum diterima, dalam hal ini penerima biasanya offline
  • Centang 2 Hitam: Menunjukkan pesan telah dikirim dan diterima, tetapi belum dibaca.
  • Centang 2 Biru: Menunjukkan pesan telah dikirim dan telah dibaca oleh penerima

Sekarang istilah Deliv sering digunakan jika Check 2 Black yang artinya pesan belum dibaca oleh penerima.
Show Comments