Irwin.Web.ID

Irwin.web.id adalah blog pribadi dari Irwin Andriyanto yang suka dengan dunia digital marketing, dan sekarang menjadi SEO Spesialist.

5 Software Payroll Terbaik untuk UMKM (Ada dari Indonesia!)

Irwin.web.id - Bagi pelaku UMKM apalagi yang telah memiliki karyawan yang banyak, maka semakin banyak pula pekerjaan yang harus dilakukan.

Bukan hanya sekedar pekerjaan strategis terkait produk, namun juga pekerjaan operasional seperti menghitung gaji karyawan, mengatur jam kerja, hingga mengelola cuti dan lembur.

Untuk mempermudah pekerjaan tersebut, kini banyak penyedia layanan software payroll yang membantu pengusaha mikro, kecil, dan menengah dalam mengelola gaji karyawan.

Manfaat menggunakan Software Payroll


Manfaat menggunakan Software Payroll

Ada berbagai macam manfaat bagi Anda pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) apabila Anda menggunakan software payroll, seperti;

  • Transparansi dan kemudahan akses data absensi dan juga penggajian
  • Mempermudah perhitungan gaji dengan komponen pajak
  • Sebagai media analisis efektifitas dalam merekrut karyawan
  • Lebih hemat biaya dan waktu ketimbang merekrut karyawan bagian payroll
  • Lebih mudah melacak kesalahan dan kecurangan
  • Mempermudah mengelola karyawan multi-location seperti karyawan stan, karyawan produksi, atau karyawan kantor.

Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang nantinya akan dirasakan sendiri manfaatnya setelah Anda menggunakan software payroll.

Rekomendasi Software Payroll bagi UMKM


Banyak penyedia layanan software payroll yang bisa Anda gunakan sebagai pelaku UMKM. Nah, kategori berikut sesuai dengan pelaku UMKM karena metode pembayaran bulanan dan lebih murah.

Selain itu, fitur yang disediakan lebih ramah bagi orang-orang yang sebelumnya belum pernah menggunakan software payroll sebelumnya.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut 5 rekomendasi software payroll yang diperuntukkan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

Quickbooks Payroll


Rekomendasi pertama adalah Quickbooks Payroll. Penyedia ini sebenarnya sudah tidak asing lagi terutama bagi pengusaha-pengusaha di Indonesia.

Quickbooks sendiri merupakan perusahaan yang berdiri di Amerika Serikat dan memiliki fitur terbatas yang hanya berlaku di negara asalnya. Namun belakangan, penyedia layanan ini melebarkan sayapnya ke Indonesia.

Software ini menyediakan berbagai fitur dasar payroll dan terhubung ke dalam software akuntansi Quickbook. Fitur-fitur yang tersedia seperti time tracking, perhitungan gaji dan pajak, serta absensi online. Khusus di Amerika Serikat, Software ini bahkan menawarkan jasa konsultan HR.

Gusto Payroll


Perusahaan satu ini juga tidak asing lagi bagi perusahaan di Indonesia. Perusahaan ini juga menyediakan fitur dasar seperti perhitungan gaji, time tracking, perhitungan pajak hingga layanan mandiri karyawan.

Gusto juga menyediakan layanan demo gratis selama satu bulan yang dipandu oleh layanan konsumen 24 jam. Perusahaan ini juga menyediakan berbagai macam jenis paket sesuai dengan kebutuhan usaha.

Payroll4Free


Mungkin software satu ini paling cocok bagi UMKM. Pasalnya, apabila Anda memiliki karyawan kurang dari 25 orang, maka software ini tidak dikenakan biaya sama sekali.

Software ini dilengkapi fitur dasar seperti pembayaran gaji, perhitungan gaji serta pajak, vacation tracking, time tracking, dan fungsi HRIS lainnya seperti absensi.

Meski gratis-terbatas, software ini memiliki layanan secara live 24 jam. Namun sayang, layanan ini hanya berlaku bagi perusahaan yang bertempat tinggal di Amerika Serikat.

Paychex


Software payroll terbaik lainnya adalah Paychex, software yang didirikan di Amerika Serikat ini terbilang lengkap.

Selain berfungsi menghitung gaji, pajak, time tracking, dan fungsi HRIS lainnya, Paychex juga memiliki program employee wellbeing untuk mengakomodasi segala kebutuhan dan kesejahteraan karyawan.

Software Payroll Indonesia: Talenta


Software Payroll Indonesia: Talenta

Software satu ini berbeda dari empat software sebelumnya karena dikembangkan dan disediakan di Indonesia.

Software payroll Indonesia satu ini dikenal dengan nama Talenta. Software payroll Talenta memiliki fitur yang terbilang lengkap dengan dua paket berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Software ini memiliki banyak fitur yang tidak kalah baik dari software payroll yang dikembangkan di luar negeri seperti absensi online, employee self-service, mobile app, chat, time tracking, perhitungan gaji dengan pajak, dan juga fitur employee benefit.

Selain itu, Talenta juga memiliki layanan 24 jam yang siap memberikan konsultasi terkait sistem software yang dijalankan. Menggunakan software payroll Indonesia memudahkan Anda untuk mendapatkan layanan yang lebih mudah dan lebih baik.
Show Comments