Irwin.Web.ID

Irwin.web.id adalah blog pribadi dari Irwin Andriyanto yang suka dengan dunia digital marketing, dan sekarang menjadi SEO Spesialist.

8 Daftar Makanan Pantangan Kolesterol

Irwin.web.id - Ketika seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka itu sudah menjadi lampu merah untuk berhati-hati supaya tidak kebablasan dalam mengonsumsi makanan dengan kolesterol. 

Sebab jika dibiarkan, maka risiko terkena serangan jantung mendadak dan juga stroke bisa terjadi. Apabila sudah terjadi, tentu Anda tak bisa beraktivitas dengan normal sebagaimana biasa, bukan?

Daftar Makanan Pantangan Kolesterol


Daftar Makanan Pantangan Kolesterol

Maka karena itu, supaya bisa menghindari risiko tersebut baiknya Anda mengetahui apa saja makanan pantangan kolesterol di bawah ini:

1. Macam-Macam Gorengan

Berbagai macam makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak maupun margarin, secara otomatis akan naik kadar kolesterolnya. 

Apalagi jika menggunakan minyak jelantah yang sudah digunakan beberapa kali, maka akan bertambah dengan lemak trans yang sama-sama berbahaya. 

Sebaiknya Anda mulai berpantang dengan gorengan, cobalah cara lain untuk mengonsumsi cemilan sehat misalnya dengan direbus.  

2. Lemak Jenuh

Santan kelapa, daging olahan tahan lama seperti sosis dan kornet, mentega dan minyak palm, diketahui mengandung kolesterol yang tinggi. 

Jika ingin kadar kolesterol Anda menurun, baiknya ganti semua makanan dengan tinggi lemak jenuh menjadi makanan dengan lemak tak jenuh saja. Contohnya untuk menumis makanan, jangan pakai mentega maupun minyak sawit, gunakan saja olive oil.

3. Lemak Trans

Yang disebut sebagai lemak trans ialah minyak yang sudah dipadatkan terlebih dahulu, terdapat dalam minyak kelapa dan margarin. Itulah kenapa aneka makanan yang diolah dengan kedua minyak tersebut kadar kolesterolnya tinggi.

Jika mau, pilihlah margarin yang lemak trans-nya 0 gram, biasanya tercantum jika produk tersebut bebas lemak trans dalam kemasannya.  

4. Aneka Jeroan

Jika ingin menurunkan kadar kolesterol, maka pastikan menghindari jeroan ayam dan sapi, contohnya jantung, otak, hati, ampela, usus dan lainnya. 

Itu karena jeroan adalah makanan pantangan kolesterol yang bisa tingkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda. Oleh sebab itu, baiknya konsumsi makanan yang terbuat dari daging rendah lemak saja.

5. Macam-Macam Kulit

Walaupun memiliki rasa yang lezat dan gurih, ternyata kulit ayam, dan kikil atau kulit sapi, atau kikil  terbukti mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi, lho.

Bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan dagingnya. Karena hal itulah akhirnya kolesterol pun akan meningkat dengan signifikan. Itulah kenapa kulit ayam tidak direkomendasikan untuk disantap. 

6. Telur Ayam

Di dalam satu butir telur ayam negeri yang lengkap (putih dan kuning telur termasuk), diketahui mengandung kira-kira sebanyak 164 miligram kolesterol. 

Namun jika kuning telurnya saja sudah mengandung kolesterol sekitar 242 miligram. Bayangkan jika dimasak dengan menggunakan minyak, tentunya makin berbahaya untuk kadar kolesterol, bukan? 

7. Aneka Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji banyak disukai karena praktis dan rasanya juga lezat. Akan tetapi makanan cepat saji ini mengandung kolesterol yang tinggi disebabkan oleh proses pengolahannya yang panjang.

Jadi, makanan pantangan kolesterol yang harus dihindari adalah ayam goreng tepung, burger, kentang goreng dan sejenisnya.

8. Udang

Pengidap kolesterol tinggi baiknya waspadai udang, sebab kadar kolesterolnya tinggi sekali bahkan dibandingkan dengan seafood lainnya seperti cumi dan ikan.

Apabila masih ingin mengonsumsi udang, baiknya diantisipsi dengan menambahkan aneka sayuran, ya. 

Itulah dia beberapa makanan pantangan kolesterol yang harus menjadi perhatian, terutama bagi Anda dengan kadar kolesterol yang tinggi. Perbanyak olahraga dan jangan sampai malas untuk bergerak supaya metabolisme tubuh terjaga dengan baik, efeknya kolesterol pun akan turun.

Show Comments