Irwin.Web.ID

Irwin.web.id adalah blog pribadi dari Irwin Andriyanto yang suka dengan dunia digital marketing, dan sekarang menjadi SEO Spesialist.

Panduan Tips Keluar Google Classroom di HP dan PC yang Mudah

Tips keluar Google Classroom ini penting untuk diketahui para guru dan siswa. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, yang mana kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dilakukan secara jarak jauh dari rumah masing – masing. 

Berkat kehadiran teknologi yang semaki maju, hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan praktis secara online. Ya, lewat aplikasi belajar online Google Classroom, guru dan siswa pun bisa tetap melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa harus bertatap muka langsung. 

Google Classroom sendiri merupakan layanan web gratis yang dikembangkan Google dengan tujuan menyederhanakan dan memudahkan proses pembuatan, pembagian hingga penilaian tugas.  

Panduan Tips Keluar Google Classroom di HP dan PC yang Mudah

Panduan Tips Keluar Google Classroom di HP dan PC yang Mudah

Dikarenakan mudah dalam penggunaannya, tak ayal hal tersebut membuat Google Classroom lebih diminati untuk digunakan oleh banyak sekolah – sekolah sebagai sarana pembelajaran jarak jauh secara online. 

Berbeda dengan aplikasi belajar online lain, Google Classroom justru menawarkan opsi bagi para guru dan siswa yang ingin meninggalkan kelas dengan mudah, baik lewat HP maupun PC atau laptop. 

Keluar Google Classroom Sebagai Guru

Tips keluar Google Classroom ini hanya berlaku bagi rekan pengajar, bukan para pengajar utama di kelas Google Classroom. 

Lewat aplikasi tersebut para guru bisa melakukan tugas yang sama layaknya pengajar utama, tetapi tidak bisa menghapus kelas, menghapus pengajar utama atau pun menon-aktifkan pengajar lain. 

Apabila Anda memiliki folder kelas di Google Drive, maka Anda harus menjadikan pengajar lain sebagai pemilik folder sebelum akhirnya meninggalkan kelas. Setelah itu, ikutu langkah di bawah ini. 

  • Pertama, silakan Log-In ke Google Classroom lewat link berikut, https://classroom.google.com/. 
  • Selanjutnya adalah memilih Kelas yang Anda ingin keluar darinya.
  • Klik pada Tiga Titik Vertikal yang ada di bagian kanan atas.
  • Kemudian pilih opsi Keluar dari Kelas.
  • Berikutnya adalah mengeklik Kelas dan membuka tab Anggota yang ada di samping nama Anda.
  • Terakhir, klik Tiga Titik Vertikal dan pilih opsi Keluar dari Kelas. 

Keluar Google Classroom Sebagai Siswa

Sebagai siswa yang ingin keluar kelas di Google Classroom ada dua cara yang bisa dicoba, yakni mengeluarkan diri sendiri atau meminta guru untuk mengeluarkan Anda dari aplikasi tersebut. 

Apabila Anda memilih untuk keluar Google Classroom sendiri lewat HP dan PC, maka langkah – langkahnya sebagai berikut.

  • Sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Log-In Google Classroom seperti biasa. Untuk bisa Log-In Anda bisa langsung klik link berikut, https://classroom.google.com/. 
  • Untuk keluar dari Google Classroom langkah selanjutnya adalah memilih Kelas yang Anda ingin keluar darinya.
  • Klik pada Tiga Titik Vertikal yang ada di bagian kanan atas.
  • Pilih opsi Batalkan Pendaftaran. 
  • Apabila posisi Anda sudah ada di dalam kelas di aplikasi Google Classroom tersebut, maka klik pada Tiga Garis Horizontal yang ada di pojok kiri atas.
  • Klik opsi Kelas.
  • Nah, pada langkah ini Anda sudah bisa melihat panel kelas yang Anda ikuti di aplikasi Google Classroom. 
  • Cara untuk bisa keluar dari Google Classroom masih sama seperti yang sudah kami jelaskan di atas, yakni klik pada Tiga Titik Vertikal. Kemudian lanjutkan dengan mengeklik Batalkan Pendaftaran. 

Demikianlah panduan tips keluar Google Classroom di HP dan PC yang mudah. Semoga informasinya bermanfaat. 


Show Comments